Tutorial Install dan Update Dapodik 2022 Terlengkap

Tutorial Install dan Update Dapodik 2022 Terlengkap
Tutorial Install dan Update Dapodik 2022 Terlengkap

Cara install dan Update Dapodik sangat penting diketahui oleh operator sekolah ( operator ) dapodik agar aplikasi yang digunakan sudah menggunakan aplikasi terbaru.

Apa Itu Dapodik ?

Dapodik merupakan singkatan dari Data Pokok Pendidikan yang merupakan sistem pendataan skala nasional terpadu dan menjadi sumber utama Pendidikan Nasional.

Mengapa Harus Install Aplikasi Dapodik ?

Aplikasi Dapodik sendiri saat ini wajib dimiliki oleh instansi pendidikan formal dan non formal dan cara bagi Pemerintah untuk mengetahui pengajuan serta perbaikan data kelembagaan suatu sekolah.

Selain itu Dapodik juga berfungsi sebagai pengajuan serta verval data, Nomor Induk Pendidik dan Tenaga Kependidikan (NUPTK).

Cara Install Aplikasi Dapodik

Syarat Minimum Perangkat

Sebelum mulai kelangkah instalasi, ada baiknya kalian mengetahui terlebih dahulu persyaratan minimum perangkat yang bisa mejalankan aplikasi ini, adapun persyaratannya sebagai berikut :

  1. Komputer / Laptop
  2. Memiliki Akses Internet ( hanya digunakan ketika melakukan tarik data dan sinkronisasi )
  3. Sistem Operasi Windows 10
  4. Processor disarankan Core i5 keatas dengan ram 4GB

Setelah mengetahui persyaratan minimum perangkat, selanjutnya kita akan membahas mengenai langkahmengistall aplikasi dapodik. Untuk langkah instalasinya sendiri terbagi menjadi dua diamna dengan Online dan Offline. Untuk mempersingkat silahkan kalian ikuti panduan berikut ini.

Langkah Install Aplikasi Dapodik

1. Kunjungi Laman Pauddikdasmen

Langkah pertama yang harus kalian lakukan adalah mengunjungi laman Pauddikdasmen pada url https://dapo.kemdikbud.go.id/.

2. Unduh Aplikasi Dapodik

klik menu unduhan pada laman pauddikdasmen ntuk mengunduh aplikasi dapodik

Langkah kedua adalah memilih menu unduhan kemudian dilanjutkan dengan klik pilihan menu Installer dan untuk mengunduh aplikasinya silahkan kalian klik tombol INSTALLER DAPODIK PAUDDIKDASMEN maka secara otomatis aplikasi terunduh.

3. Matikan Antivirus dan Windows Defender

Sebelum Kalian membuka file unduhan pastikan terlebih dahulu seluruh antivirus dan windows defender telah di nonaktifkan karena dapat mengganggu program serta aplikasi Dapodik.

Untuk mematikan antivirus dan windows defender bawaan windows kalian bisa ikuti langkah berikut ini :

Buka Start ( Logo Jendela di pojok kiri bawah ) > Pilih setting ( icon Gear ) > Pilih Menu Update & Security > Pilih Windows Security > Matikan seluruh Antivirus, Firewall dan Windows Defender.

4. Instalasi Program

Setelah mematikan antivirus dan lainnya maka langkah berikutnya adalah menjalankan aplikasi yang telah di unduh tadi, silahkan buka Folder unduhan (download) klik 2x Dapodik_2022.exe. Setelah terbuka silahkan klik tombol Lanjut, klik Saya Setuju, kemudian klik tombol lanjut dan klik tombol pasang untuk memasang aplikasi.

Proses Pemasangan aplikasi ini sendiri tergantung dari tipe perangkat yang kalian gunakan namun pada umumnya proses instalasi dapat memakan waktu hingga 15menit.

5. Buka Program Dapodik

Setelah aplikasi selesai terinstall maka langkah selanjutnya adalah membuka aplikasi Dapodik dengan cara klik icon Dapodik pada layar desktop atau pada menu windows.

6. Registrasi Dapodik

Langkah terakhir adalah melakukan registrasi agar seluruh data yang sudah kalian buat sebelumnya tetap ada. Untuk registrasi ini sendiri terbagi menjadi 2 yaitu online dan offline dimana jika memilih opsi offline maka kalian wajib mengunduh data prefill terlebih dahulu. Kami akan memberikan tutorial keduanya dibawah ini.

Registrasi Online

registrasi dapodik online

Langkah registrasi online ini merupakan langkah yang paling mudah, meski demikian jika kalian memutuskan untuk registrasi secara online kalian harus memiliki koneksi internet stabil dan cepat karena seluruh data akan diunduh secara langsung dari server dapodik. Utuk langkahnya seperti berikut :

  1. Buka aplikasi Dapodik
  2. Pada laman registrasi isi ONLINE
  3. Masukkan Kode Registrasi Sekolah
  4. Masukkan Username Dapodik
  5. Masukkan Pasword
  6. Klik tombol registrasi

Proses registrasi secara online ini dapat memakan waktu yang lama tergantung dari kecepatan internet yang kalian gunakan.

Registrasi Offline

registrasi dapodik offline

Pilihan kedua ini bida kalian lakukan apabila kalian tidak memiliki akses internet ataupun koneksi internet yang terbatas. Meski demikian dalam proses offline ini kalian memerlukan data prefill dan wajib diletakkan di folder prefill dapodik, Adapun Langkahnya seperti berikut ini :

  1. Buka aplikasi dapodik
  2. Pada laman registrasi pilih OFFLINE
  3. Masukkan kode registrasi sekolah
  4. Masukkan Username
  5. Masukkan Password
  6. Klik tombol Registrasi

Proses registrasi memerlukan waktu sesuai dengan spesifikasi perangkat yang digunakan.

Setelah proses registrasi selesai maka kalian bisa melakukan login menggunakan username dan password operator dapodik.

Cara Unduh Data Prefill dan Settingnya

Data Prefill dibutuhkan ketika kalian melakukan registrasi secara offline, data prefill sendiri adalah data dari satuan sekolah masing-masing yang mencakup seluruh data isian dapodik. Untuk mengunduh dan settingnya seperti berikut :

  1. Buka laman unduhan prefill dapodik pada url https://dapo.kemdikbud.go.id/unduhan
  2. Pilih TAB DATA PREFILL
  3. Pilih Provinsi sekolah
  4. Pilih salah satu server unduhan
  5. Masukkan username dapodik
  6. Masukkan password dapodik
  7. Masukkan KODE REGISTRASI SEKOLAH
  8. Klik Generate
  9. Setelah proses generate selesai silahkan klik unduh untuk mendownload data prefill
  10. Pindahkan file hasil download ke folder C:\prefill_dapodik

Setelah data prefill dipindahkan kalian bisa melakukan registrasi secara offline.

Cara Update Dapodik

Pihak PAUDDikdasmen secara berkala melakukan update aplikasi Dapodik untuk memperbaharui data, menambah fitur dan memperbaiki bug yang terdapat pada versi sebelumnya. Untuk itu kalian wajib untuk melakukan update.

Update versi dapodik ini sendiri terdapat dua versi dimana versi pertama adalah patch yang bisa kalian unduh pada laman pauddikdasmen dan langsung melakukan instalasi tanpa menghapus instalan yang ada.

Versi kedua adalah versi full software. Untuk versi ini kalian wajib melakukan penghapusan aplikasi Dapodik terlebih dahulu lalu menginstall versi terbaru.

Itulah tadi Tutorial Install dan Update Dapodik 2022. Semoga membantu kalian