Langkah Mengajukan NUPTK Melalui Verval PTK Lengkap 2022

Langkah Mengajukan NUPTK Melalui Verval PTK Lengkap 2022
Langkah Mengajukan NUPTK Melalui Verval PTK Lengkap 2022

Mengajukan NUPTK Pendidik dan Tenaga pendidik baik sekolah formal ataupun non formal dapat dilakukan oleh Operator Sekolah, meski demikian ada beberapa tahapan yang harus dilakukan agar tenaga pendidik ataupun pendidik bisa mendapatkan NUPTK, untuk itu pada artikel ini kami akan memberikan tutorial nya, simak terus ya.

Apa Itu NUPTK ?

NUPTK merupakan singkatan dari Nomor Unik Pendidik dan Tenaga kependidikan yang merupakan nomor induk baik yang berstatus PNS maupun NON-PNS.

NUPTK sendiri terdiri dari 16 angka unik yang tidak akan berubah meski tendik yang bersangkutan pindah mengajar ataupun berubah status kepegawaiannya.

Untuk bisa mendapatkan NUPT, Baik Pendidik ataupun tenaga kependidikan wajib memenuhi persyaratan sesuai dengan surat Direktur Jendral GTK.

Syarat Mengajukan NUPTK

Seperti dijelaskan diatas ada beberapa persyaratan dan dokumen yang harus dilengkapi untuk mendapatkan NUPTK, adapun persyaratannya sebagai berikut :

  1. Tenaga Kependidikan atau pendidik wajib sudah terdaftar di aplikasi Dapodik.
  2. Belum memiliki NUPTK
  3. Mengajar di satuan pendidikan yang telah memiliki NPSN (Nomor Pokok Sekolah Nasional)
  4. Memiliki SK penugasan bagi yang NON-PNS atau SK pengangkatan PNS bagi yang berstatus PNS
  5. Memiliki ijasah SD, SMP, SMA, Kuliah

Jadi sebelum mengajukan NUPTK kalian harus memenuhi persyaratan diatas terlebih dahulu. apabila nama kalian belum terdaftar dalam aplikasi Dapodik maka langkah yang harus dilakukan adalah meminta operator yayasan untuk menginput nama kalian. Bagi kalian yang berstatus operator yayasan, kami telah memberikan tutorial menambah PTK pada artikel sebelumnya.

Setelah nama pendidik atau tenaga kependidikan terinput, selanjutnya kalian harus menemui operator sekolah serta memberikan persyaratan untuk pengajuan NUPTK tersebut. Adapun persyaratan yang dibutuhkan oleh operator sekolah dalam pengajuan NUPTk terdapat pada poin nomor 5 diatas.

Cara Mengajukan NUPTK

cara mengajukan nuptk

Setelah memenuhi seluruh persyaratan diatas barulah operator sekolah bisa melakukan pengajuan NUPTK dengan langkah dibawah ini :

1. Login ke Verval PTK

Langkah pertama yang harus dilakukan oleh operator sekolah adalah melakukan login ke laman verval PTK pada url https://vervalptk.data.kemdikbud.go.id/.

Setelah kalian klik url diatas maka kalian akan diminta untuk melakukan login SSO menggunakan alamat email serta password operator sekolah. Ingat akun yang digunakan adalah operator sekolah ya bukan operator yayasan.

2. Mengajukan NUPTK

Setelah berhasil login maka kalian akan diarahkan ke laman dashboard verval PTK. Untuk mengajukan NUPTK silahkan ikuti beberapa langkah dibawah ini :

  1. Pilih menu verval PTK pada kolom kiri
  2. Pilih sub menu Pengajuan NUPTK

Setelah memilih sub menu tersebut maka akan muncul daftar nama PTK dalam satuan pendidikan yang kalian naungi. Untuk melakukan pengajuan silahkan klik tombol Ajukan NUPTK yang terletah di sebelah kanan nama dari PTK yang ingin diajukan.

Untuk memproses pengajuan maka kalian harus melakukan upload dokumen milik PTK tersebut, dapun dokumen yang harus diupload sebagai berikut :

  1. SK Pengangkatan & Penugasan
  2. Ijasah SD ( Sekolah Dasar )
  3. Ijasah SMP ( Sekolah Menengah Pertama )
  4. Ijasah SMA ( Sekolah Menengah Atas )
  5. Ijasah Kuliah

Untuk proses upload sendiri jenis file yang diijinkan adalah PDF, jadi kalian harus melakukan konvert terlebih dahulu dari jpg ke pdf. Setelah dokumen terupload silahkan klik tombol Ajukan untuk memproses pengajuan NUPTK.

Pastinya diantara kalian ada yang bertanya, bagaimana jika PTK tidak kuliah atau tidak memiliki ijsah kuliah sedangkan upload ijasah kuliah diwajibkan. Untuk mengatasi masalah tersebut kalian bisa melakukan upload ijasah SMA untuk file ijasah kuliah.

Setelah kalian klik tombol ajukan maka proses pengajuan NUPTK sudah selesai dan menunggu aktifasi serta verifikasi dari Dinas terkait. Untuk berapa lamanya proses pengajuan tergantung dari kondisi serta padatnya antrian pengajuan NUPTK itu sendiri.

Selama menunggu kalian bisa melihat status pengajuan NUPTK beserta statusnya. Adapun status awal adalah antrian, jika disetujui maka Status berubah menjadi NUPTK terbit, namun jika gagal kalian akan melihat status gagal lengkap dengan informasi gagalnya agar kalian bisa melakukan pengajuan ulang NUPTK pendidik dan tenaga pendidik dan mengikuti proses dari awal hingga NUPTK terbit.

Setelah NUPTK terbit, kalian ( operator yayasan ) dapat menginformasikan kepada pendidik ataupun tenaga pendidik yang bersangkutan terkait nomor NUPTK tersebut agar dilakukan penyimpanan oleh pendidik ataupun tenaga pendidik.

Itulah tadi, Langkah Mengajukan NUPTK Melalui Verval PTK Lengkap 2022. Semoga membantu kalian