Cara Tarik Data dan Sinkronisasi Dapodik 2022

Cara Tarik Data dan Sinkronisasi Dapodik 2022
Cara Tarik Data dan Sinkronisasi Dapodik 2022

Tarik data dan Sinkronisasi Dapodik merupakan salah satu hal yang wajib dilakukan oleh operator dapodik dengan tujuan sinkronnya data antara aplikasi dapodik dengan pusat data.

Seperti diketahui jika aplikasi dapodik ini bertipe semi online dimana aplikasi tidak terhubung langsung dengan internet dan baru dapat terhubung apabila operator dapodik melakukan tarik data serta sinkronisasi.

Apa Itu Tarik Data Dapodik ?

Tarik data dapodik merupakan langkah untuk mengambil seluruh data yang terdapat pada pusat data atau server dapodik dan mengupdate data yang ada pada aplikasi dapodik yang digunakan. Langkah ini biasa digunakan ketika kalian baru saja melakukan install ulang ataupun update versi dapodik yang menyebabkan data-data pada aplikasi dapodik menjadi kosong.

Dengan melakukan tarik data maka seluruh data yang sudah tersimpan mulai dari data sekolah, sarana dan prasarana, siswa, guru, rombel dan informasi lainnya masuk kedalam aplikasi dapodik.

Apa Itu Sinkronisasi Dapodik ?

Sinkronisasi dapodik merupakan langkah untuk melakukan update dan sinkron data antara aplikasi dapodik dengan pusat data. Hal ini sangat wajib dilakukan terlebih terjadi perubahan data pada aplikasi dapodik seperti rombel, pembelajaran, siswa dan lainnya. Tanpa melakukan sinkronisasi, maka data yang telah diubah tersebut tidak akan masuk ke pusat data.

Siapa Yang Bisa Melakukan Tarik Data ?

Untuk proses tarik data sendiri dapat dilakukan oleh Operator dapodik yang ditugaskan oleh satuan pendidikan.

Siapa Yang Bisa Melakukan Sinkronisasi Data ?

Untuk proses sinkronisasi data hanya dapat dilakukan oleh akun Kepala Sekolah dan tidak dapat dilakukan oleh operator dapodik.

Cara Tarik Data dan Sinkronisasi Dapodik

Cara Melakukan Tarik Data Dapodik

Cara Melakukan Tarik Data Dapodik
Cara Tarik Data dan Sinkronisasi Dapodik

Bagi kalian operator dan ingin melakukan tarik data bisa mengikuti panduan kami berikut ini :

1. Buka Aplikasi dan Login

Langkah pertama yang harus kalian lakukan adalah membuka aplikasi dapodik dan melakukan login menggunakan akun operator sekolah.

2. Pilih Menu Validasi

Setelah berhasil login maka langkah selanjutnya adalah klik tombol Validasi yang terletak di kolom kiri aplikasi dapodik

3. Lakukan Validasi Seluruh Tab Yang Tersedia

Setelah memilih menu Validasi maka kalian akan ditampilkan laman validasi yang berisi 8 tab dimana masing-masing tabnya sebagai berikut :

  1. Sekolah
  2. Sarpras
  3. Peserta Didik
  4. GTK
  5. Rombel & Jadwal
  6. Pembelajaran
  7. Nilai Referensi

Untuk melakukan validasi silahkan klik tab masing-masing dan tunggu hingga proses validasinya selesai dimana proses tersebut bisa kalian lihat pada kolom atas yang betuliskan warning dan invalid.

Pastikan kalian melakukan validasi seluruh tab. Karena jika tidak maka kalian tidak bisa melanjutkan proses tarik data.

4. Tarik Data

Setelah seluruh tab berhasil di validasi maka langkah selanjutnya adalah melakukan tarik data dengan memilih menu tarik Data adn klik tombol tarik data kemudian tunggu hingga prosesnya selesai. Pastikan proses tarik data berjalan dengan sukses.

Setelah melakukan tarik data maka seluruh data yang terdapat pada pusat data secara otomatis masuk kedalam aplikasi dapodik yang kalian gunakan.

Kalian bisa melakukan perubahan ataupun penembahan pada setiap menu dan pilihan dalam aplikasi dapaodik.

Setelah selesai melakukan perubahan ataupun penambahan langkah selanjutnya adalah melakukan sinkronisasi data agar data tersebut dikrim ke pusat data. Namun perlu diperhatikan sebelum melakukan sinkronisasi data tidak terdapat pesan invalid ketika kalian melakukan validasi data. Apabila masih terdapat invalid silahkan kalian lakukan perbaikan terlebih dahulu.

Apabila masih terdapat pesan invalid maka prose sinkronisasi data tidak akan dapat berjalan.

Cara Sinkronisasi Data Dapodik

Cara Sinkronisasi Data Dapodik
Cara Tarik Data dan Sinkronisasi Dapodik
  • Login ke Aplikasi Dapodik Menggunakan Akun Operator
  • Pilih Menu Pengaturan
  • Pilih menu tukar akses pengguna
  • Masukkan Kode registrasi dapodik
  • Pilih akun kepala sekolah
  • Klik tombol tukar akses
  • Lakukan validasi terlebih dahulu pada menu validasi
  • Klik menu sinkronisasi
  • Ceklist isian dan persetujuan
  • Klik tombol Sinkronisasi
  • Tunggu hingga proses sinkron selesai yang ditandai dengan munculnya notid waktu sinkronisasi.

Note

Dalam melakukan tarik data maupun sinkronisasi data memerlukan akses internet dengan kecepatan yang baik agar proses berjalan dengan sempurna dan tidak terjadi kendala seperti berhenti ditengah proses dan tidak terhubung keinternet.

Selain itu, pada jam atau waktu tertentu meski koneksi internet yang kalian gunakan bagus dan lancar akan terjadi kegagalan. apabila kalian menemukan hal tersebut maka kalian bisa melakukan proses tarik data atau sinkronisasi pada tengah malam dimana pada waktu ini proses sangat lancar.