Lupa Kode Registrasi Sekolah Dapodik (Kode Registrasi Pusdatin Kemdikbud) Ikuti Langkah ini 100% berhasil

Lupa Kode Registrasi Sekolah Dapodik (Kode Registrasi Pusdatin Kemdikbud) Ikuti Langkah ini 100% berhasil
Lupa Kode Registrasi Sekolah Dapodik (Kode Registrasi Pusdatin Kemdikbud) Ikuti Langkah ini 100% berhasil

Halo para operator dapodik di seluruh Indonesia. Pernah gak sih kalian lupa kode registrasi sekolah dapodik ( kode registrasi pusdatin ) dan bingung bagaimana cara mendapatkannya dengan mudah? pada artikel ini kami akan memberikan solusi dan cara mengatasinya.

Kode registrasi sekolah sangatlah penting untuk diingat atau disimpan karena kode tersebut berhubungan langsung dengan aplikasi dapodik. Meskipun kalian bisa mendapatkan kode tersebut dengan mengunjungi dinas pendidikan ( operator dapodik kabupaten/kota/provinsi ) tapi pastinya akan sangat merepotkan dan juga membuang waktu.

Selain cara tersebut ada 2 cara mudah untuk mengatasi hal tersebut loh, mau tau bagaimana caranya? simak sampai akhir ya.

Apa Itu Kode registrasi Sekolah ( kode registrasi pusdatin ) ?

kode registrasi pusdatin atau lebih dikenal dan disebut kode registrasi sekolah adalah kode khusus satuan sekolah yang diberikan ketika mendaftar di Dapodikdasmen.

Apa Fungsi Kode Registrasi Sekolah Di Dapodik ?

Fungsi kode registrasi ini sendiri sangatlah penting dan sangat berhubungan dengan dapodik. Kalian akan memerlukan ini ketika hendak mengunduh data prefill ketika melakukan instalasi dapodik secara manual, mengunduh data prefill secara online serta sangat diperlukan untuk menukar akses pengguna pada aplikasi dapodik.

Tanpa adanya kode registrasi seoklah maka kalian tidak bisa menginstall aplikasi dapodik hingga melakukan sinkronisasi data.

Tak hanya itu, kode registrasi ini sendiri diperlukan untuk melakukan pendaftaran akun LTMPT sekolah.

Cara Melihat Kode Registrasi Sekolah Dapodik

Untuk diketahui, kode yang ada pada Dapodik sendiri ada dua dimana yang pertama kode dengan kombinasi huruf dan angka ( Contoh Q7G1E3O83 ) yang digunakan ketika kita melakukan pertukaran akses pengguna pada dapodik dan ada kode registrasi yang terdiri dari angka saja ( contoh 28948969762715 ) yang merupakan kode registrasi pusdatin kemdikbud atau kode registrasi dapodik.

Untuk solusi ketika lupa kode-kode tersebut sebenarnya sangatlah mudah adapun langkah untuk mengetahuinya seperti berikut :

Syarat Melihat Kode Registrasi pusdatin kemdikbud atau dapodik

Sebelum kita memulai langkahnya ada syarat yang harus kalian penuhi terlebih dahulu yaitu aplikasi dapodik sudah terinstall pada perangkat komputer ataupun laptop yang anda gunakan. Jika kalian bukan operator sekolah maka informasikan langkah ini kepada operator yang bertanggung jawab menangani Dapodik kalian.

Langkah Melihat Kode Registrasi pusdatin kemdikbud atau dapodik

1. Buka Drive C Pada Perangkat Komputer Atau Laptop kalian

solusi lupa kode registrasi sekolah dapodik ( kode registrasi pusdatin )
solusi lupa kode registrasi sekolah dapodik ( kode registrasi pusdatin )

Yang pertama kali harus kalian lakukan adalah membuka drive C perangkat komputer ataupun laptop yang kalian gunakan, selanjutnya

2. Buka Folder Program Files (x86)

buka folder program files x86
buka folder program files x86

Dalam Drive C tersebut ada banyak sekali folder, yang harus kalian lakukan adalah membuka filder dengan nama Program Files (x86).

3. Buka Folder Dapodik

buka folder dapodik
buka folder dapodik

Didalam folder Program Files (x86) juga ada banyak sekali folder-folder penting. yang harus kalian lakukan adalah membuka folder bernama Dapodik

4. Buka Folder Webserver

buka folder webserver

Setelah kalian membuka folder dapodik, kalian harus membuka folder Webserver yang ada didalam dapodik seperti gambar diatas.

5. Buka Folder Logs

buka folder logs
buka folder logs

Silahkan kalian buka folder bernama Logs ( pastikan folder logs seperti gambar diatas )

6. Buka Access.log

buka file access
buka file access

Dalam folder logs kalian akan menemukan beberapa file yang berekstensi log. Silahkan kalian buka file bernama access.log dengan notepad. Untuk langkahnya sendiri sangatlah mudah klik kanan pada file tersebut kemudian pilih menu open with dan pilih notepad.

klik menu find
klik menu find

Setelah file access.log berhasil dibuka denan notepad langkah selanjunya adalah klik menu edit kemudian pilih Find seperti gambar diatas.

8. Cari Kode Registrasi

menemukan kode registrasi sekolah dapodik
menemukan kode registrasi sekolah dapodik

Setelah kalian klik Find maka akan muncul kolom pencarian. pada kolm Find What silahkan kalian masukkan kode_registrasi kemudian klik find next.

Setalh kalian find next kalian akan mendapatkan informasi kode registrasi dapodik hingga akun email serta passwordnya.

Kalian sendiri akan menemukan dua kode registrasi pada file tersebut seperti gambar dibawah ini

Setelah mendapatkan kedua kode tersebut silahkan kalian catat dan simpan atau seluruh isi file bisa kalian copy paste ke dokumen lainnya yang mudah untuk diingat.

Selain itu pastikan kalian tidak merubah sedikitpun isi file access .log agar tidak terjadi kendala ataupun error pada aplikasi dapodik yang kalian miliki.

Itulah tadi solusi Lupa Kode Registrasi Pusdatin Kemdikbud ( Dapodik ) yang bisa kalian lakukan.

Kesimpulan

Untuk melihat Kode Registrasi Pusdatin Kemdikbud ( Dapodik ) cukup dari komputer atau laptop yang kalian miliki dengan syarat sudah terinstall aplikasi dapodik.

Dilarang mengubah isi dalam file access.log agar aplikasi dapodik anda berjalan dengan normal tanpa adanya error sedikitpun.