Panduan ANBK Online dan ANBK Semi Online Lengkap 2022

Panduan ANBK Online dan ANBK Semi Online Lengkap 2022
Panduan ANBK Online dan ANBK Semi Online Lengkap 2022

Bagi kalian operator sekolah dan bertugas sebagai proktor ANBK dan masih bingung tentang panduan teknis ANBK mulai dari cara memilih moda, Instalasi sampai mengatur sesi, pada artikel ini kami akan memberikan tutorial dan langkahnya.

ANBK sendiri sudah mulai diujicoba serta diterapkan mulai tahun 2021 lalu untuk seluruh jenjang pendidikan baik formal dan non formal di seluruh Indonesia.

Apa Itu ANBK ?

Apa Itu ANBK ?
Apa Itu ANBK ?

ANBK merupakan singkatan dari Asesmen Nasional Bebasis Komputer merupakan program penilaian terhadap mutu seluruh jenjang pendidikan formal dan non formal dimana mutu satuan pendidikan dinilai berdasarkan hasil belajar siswa dari tiga aspek yaitu Literasi, Numerasi dan karakter.

Tujuan ANBK

ANBk bertujuan meningkatkan mutu pendidikan berdasarkan informasi akurat dari setiap sekolah agar terciptanya kualitas belajar mengajar yang baik serta memantau mutu pendidikan waktu ke waktu.

ANBK Untuk Kelas berapa?

ANBK ditujukan untuk seluruh siswa yang duduk di kelas 5 SD/Paket A, kelas 8 SMP/Paket B dan Kelas 11 SMA/SMK/Paket C.

Apa Moda Yang Digunakan Untuk Pelakasanaan ANBK?

Pada penerapannya ANBK dibagi menjadi dua moda yaitu semi online dan online sesuai dengan kesiapan dari satuan pendidikan masing-masing.

Apa Beda ANBK Semi Online dan Online ?

Sesuai dengan namanya, ANBK Semi Online dalam penerapannya tidak membutuhkan koneksi internet ketika proses ujian sedang berlangsung karena server berada pada komputer server lokal yang disediakan sekolah masing-masing.

Sedangkan ANBK Online dalam penerapannya membutuhkan koneksi internet yang stabil dan cepat ketika ujian berlangsung karena komputer server berada dipusat data anbk kemdikbud.

Apa Kelebihan dan Kekurangan ANBK Semi Online dan Online

Untuk kedua moda ini memiliki beberapa kelebihan dan kekurangan yaitu :

Kelebihan ANBK Semi OnlineKelebihan ANBK Online
Tidak membutuhkan Koneksi Internet Ketika Ujian BerlangsungBisa dilaksanakan menggunakan Laptop
Minim Kendala ketika ujian sedang berlangsungTidak memerlukan Komputer server khusus
Cukup Menggunakan Jaringan lokal (LAN)Tidak memerlukan jaringan lokal (LAN)
Bisa dikerjakan dimana saja
Tidak perlu menginstall VHD
Tidak perlu melakukan sinkronisasi data
Kekurangan ANBK Semi OnlineKekurangan ANBK Online
Membutuhkan komputer server dengan spesifikasi khususMembutuhkan koneksi Internet yang cepat dan stabil
Diwajibkan menginstall VHD ( Virtual Hard Disk ) ANBKRawan terjadi kendala ketika ujian berlangsung
Diwajibkan melakukan Patching VHD
Memerlukan perangkat Switch Hub serta kabel LAN
Proktor wajib melakukan sinkronisasi data setelah ujian selesai
Hanya bisa dilaksanakan di lokasi sekolah

Cara Memilih moda ANBK

Satuan pendidikan bisa memilih moda anbk sesuai dengan kemampuan dari satuan pendidikan itu sendiri. Untuk mengubah moda anbk bisa dilakukan melalui verval TIK. Adapun langkahnya sebagai berikut :

  • Kunjungi laman verval TIK pada url Verval TIK
  • Login Menggunakan akun Operator Dapodik(operator sekolah)
  • Pilih Menu Kesiapan TIK
  • Pilih Sub menu Verval
  • Pada pilihan Moda ANBK pilih Semi online atau online
  • Klik tombol simpan

Spesifikasi Minimum Perangkat ANBK

Untuk menjalankan program ANBK juga dibutuhkan minimum spesifikasi pada perangkat yaitu :

Moda semi Online

Spesifikasi Komputer Server ANBK Semi Online

  • CPU Core i5 keatas
  • RAM 8GB
  • Harddisk 500GB
  • Dual Lan card
  • Windows 10

Spesifikasi Komputer/laptop User ANBK Semi Online dan Online

  • CPU Core i3 keatas ( jika tidak memiliki bisa menggunakan dual core)
  • RAM 2GB
  • Harddisk 250GB
  • Memiliki Lan Card

* untuk spesifikasi komputer / laptop dapat juga digunakan pada anbk online

Spesifikasi Internet ANBK Online

Selain spesifikasi perangkat, pada moda anbk online juga wajib memenuhi syarat spesifikasi internet yaitu minimum 20Mbps untuk 10 perangkat, apabila user 20-25 bisa menggunakan spesifikasi 50Mbps.

Persiapan ANBK

Setelah semua hal dipenuhi maka selanjutnya adalah tahap persiapan anbk. Adapun persiapan yang harus dilakukan sebagai berikut :

Persiapan ANBK Semi Online

  • Melakukan instalasi VHD ANBK pada komputer server. Untuk VHD ANBK sendiri bisa kalian dapatkan melalui Dinas Pendidikan setempat atau pada link berikut Unduh VHD ANBK LENGKAP.
  • Melakukan Instalasi Proktor browser semi online ANBK
  • Menginstall exambro client pada komputer user

Persiapan ANBK Online

  • Melakukan Instalasi Proktor Browser pada komputer atau laptop Proktor
  • Melakukan Instalasi Exambro Client pada komputer / laptop client

Sebelum Ujian ANBK Dimulai

Sebelum ujian anbk dimulai ada beberapa hal yang harus dilakukan oleh proktor mulai dari login, mengatur jadwal hingga mencetak kartu login.

Komputer Proktor

Hal pertama yang harus proktor lakukan adalah membuka menu Komputer proktor untuk mengetahui ID PROKTOR serta Password Login ke Browser Proktor Online. Berikut langkahnya

  1. Login ke Situs ANBK pada url https://anbk.kemdikbud.go.id/
  2. Login menggunakan user dan password proktor
  3. Pilih Menu Asesmen Nasional
  4. Pilih Sub menu Komputer Proktor
  5. Copy ID Proktor serta password ke Notepad

Mengatur Sesi Ujian dan Ruang Ujian

Dalam pelaksanaan ujian ANBK dibagi menjadi 3 sesi dan dapat diatur oleh proktor agar siswa yang hadir pada setiap sesinya sesuai dengan jumlah komputer atau laptop yang ada.

Untuk mengatur sesi peserta ujian Ikuti langkah berikut :

  1. Pilih Menu Asesmen Nasional
  2. Pilih sub menu Pengaturan Sesi
  3. Pada kolom Pilih Peserta silahkan isi kelompok ujian
  4. Kalian dapat mengubah ID Proktor / Ruang, Gelombang serta sesi dengan kli 2 kali pada kolomnya

Aktivasi Peserta Cadangan

Pada pelaksanaan Ujian ANBK ini terdapat peserta cadangan yang berfungsi menggantikan peserta yang tidak dapat menghadiri pelaksanaan ujian. Untuk aktivasinya seperti berikut

  1. Pilih Menu Asesmen Nasional
  2. Pilih sub menu Aktivasi Peserta Cadangan
  3. Klik menu Tambah
  4. Pilih Peserta yang tidak hadir
  5. Klik simpan
  6. Maka secara otomatis peserta akan tergantikan dan peserta cadangan mendapatkan user dan password untuk login

Mencetak Kartu Login

Proktor wajib melakukan cetak kartu login karena kartu login ini nantinya akan dibagikan kepada peserta ujian untuk dapat mengikuti ujian anbk.

Untuk langkahnya sendiri sebagai berikut :

  1. Login ke ANBK Kemdikbud
  2. Buka menu Asesmen Nasional
  3. Pilih Sub menu Kartu Login
  4. Pilih Ujian
  5. Pilih Waktu
  6. Pilih Sesi
  7. Klik Cetak

Mencetak daftar Hadir

Proktor juga wajib melakukan cetak daftar hadir untuk mengetahui jumlah siswa yang hadir pada waktu ujian tersebut. Untuk langkahnya seperti berikut :

  1. login ke situs anbk
  2. Pilih Asesmen nasional
  3. Pilih cetak daftar hadir
  4. Pilih Ujian dan hari serta pelajaran
  5. Klik tombol cetak

Mencetak Berita acara Pelaksanaan

Selanjutnya adalah mencetak berita acara pelaksanaan dengan langkah :

  1. Pilih Asesmen Nasional
  2. Pilih Berita acara pelaksanaan
  3. Pilih kelompok peserta
  4. Pilih waktu dan ruang
  5. Pilih menu Berita Acara
  6. Pilih Cetak

Saat ujian ANBK Berlangsung

Disaat ujian berlangsung silahkan ikuti langkah dibawah ini

  1. Proktor Login Ke CybtSync ( menggunakan Proktor Browser )
  2. Pilih Menu Status Tes
  3. Pilih Daftar tes ( daftar ini dapat kalian lihat pada menu dashboard pengumuman Di web ANBK )
  4. Pilih Kelompok Test ( kelompok test menyesuaikan sesi 1/2/3 )
  5. Tekan Rilis Token
  6. Klik Simpan
  7. Lanjut ke menu Kelompok test
  8. Klik Assign All yang berfungsi untuk mengaktifkan peserta Ujian.
  9. Peserta dapat melakukan login menggunakan user serta password yang terdapat pada kartu login

Setelah Ujian ANBK selesai

Setelah ujian ANBK selesai masih ada beberapa hal yang harus dilakukan oleh proktor yaitu :

Upload Daftar Hadir

  1. Pilih menu Asesmen Nasional
  2. Pilih Sub menu Upload Daftar Hadir
  3. Pilih Menu peserta yang terletak Disebelah kiri kolom Cari
  4. Pilih ruang sesuai dengan Kode server, Ruang serta sesi
  5. klik menu upload

Upload Berita Acara Pelaksanaan

  1. Pilih Menu Asesmen Nasional
  2. Pilih Sub Menu Berita Acara Pelaksanaan
  3. Pilih Menu Peserta
  4. KLik pada gelombang, Kode server dan sesi
  5. Klik menu Berita Acara
  6. Klik Cetak Berita Acara
  7. Isi
  8. Kemudian Klik Upload Berita Acara