10 Situs Blog Gratis Terbaik 2022

10 Situs Blog Gratis Terbaik 2022
10 Situs Blog Gratis Terbaik 2022

Mencari beberapa situs blog gratis untuk membantu Anda mulai berbagi tulisan Anda dengan dunia? Baik Anda hanya ingin berbagi pembaruan dengan keluarga dan teman atau Anda ingin memulai blog dan membangun audiens yang lebih luas, kami telah mengumpulkan sepuluh situs hebat tempat Anda dapat memulai blog secara gratis.

Kami juga akan mencoba mengarahkan Anda ke platform khusus yang terbaik untuk Anda sehingga Anda dapat dengan mudah membuat blog gratis. Inilah yang perlu Anda ketahui:

Situs blog gratis terbaik tahun 2022

Situs blog gratis terbaik tahun 2022
Situs blog gratis terbaik tahun 2022

Berikut adalah situs blog gratis terbaik yang dapat Anda gunakan untuk memulai blog Anda sendiri hari ini:

1. Wix (www.wix.com)

Terbaik untuk… non-teknisi yang menginginkan fungsionalitas “situs web biasa” bersama dengan blog. sponsored Wix adalah alat pembuat situs web gratis yang dapat dikelola sepenuhnya dari front-end. Karakteristik utama dari platform ini adalah ia hadir dengan opsi drag-and-drop, jadi Anda tidak perlu menangani apa pun di back-end. Desainnya sangat intuitif dan modern, yang dapat digunakan baik oleh pemula maupun mahir.

Hal yang menyenangkan tentang Wix adalah ia memiliki hosting gratis, jadi Anda hanya perlu mengatur tata letak, memilih template, dan Anda siap. Ini menyediakan koleksi tema dan template gratis dan premium yang bagus untuk berbagai tujuan, termasuk blogging.

Untuk meluncurkan blog Wix, cukup daftar dan buat pilihan: Anda dapat membiarkan Wix ADI membuat situs untuk Anda berdasarkan kuesioner atau membuat blog sendiri – termasuk memilih template dan mengatur tata letak melalui editor WYSIWYG. Jika Anda menggunakan opsi kedua, yang perlu Anda lakukan adalah menemukan template yang indah dan mulai menyesuaikan semua yang ada di front-end, dalam mode pratinjau langsung.

Anda dapat menambahkan beberapa elemen ke halaman Anda, dari widget multimedia hingga latar belakang, menu, tipografi, formulir, kotak video, dll. Saat Anda merasa situsnya sudah siap, klik Terbitkan dan mulailah membuat blog cerita Anda. Setelah menerbitkan, Anda dapat kembali kapan saja untuk mengedit blok konten.

2. WordPress (www.wordpress.org)

Terbaik untuk… orang yang ingin 100% mengontrol blog mereka. Sempurna untuk situs web serius yang Anda rencanakan untuk dikerjakan dalam jangka panjang.

WordPress.org adalah raja situs blog gratis. Ini adalah platform gratis, tetapi Anda harus membangun situs sendiri setelahnya. Anda juga harus meng-host perangkat lunak sendiri. Meskipun Anda dapat menemukan beberapa hosting WordPress gratis, strategi jangka panjang yang lebih baik adalah membayar jumlah yang moderat untuk host WordPress yang solid.

Karena Anda sendiri yang menghosting perangkat lunak WordPress, Anda memiliki kendali penuh atas tampilan dan fungsi situs Anda, serta cara Anda menghasilkan uang dari situs Anda. Tetapi sisi sebaliknya adalah bahwa proses penyiapannya sedikit lebih praktis.

Di sisi yang berlawanan, ada WordPress.com, yang merupakan wajah lain dari WordPress – platform yang sebagian besar digunakan untuk blog pribadi karena mudah diatur dan gratis (jika Anda tidak keberatan memiliki nama domain khusus). Namun, Anda juga sangat terbatas dalam cara menyesuaikan situs.

Dan terutama jika rencana Anda adalah untuk memonetisasi blog Anda dengan cara apa pun, versi WordPress.com gratis akan mencegah Anda melakukannya.

3. LinkedIn (www.linkedin.com)

Anda mungkin tidak melihat yang ini datang. LinkedIn bukanlah pilihan pertama kebanyakan orang ketika mempertimbangkan situs blog gratis mana yang harus dipilih. Yang sedang berkata, itu benar-benar layak mendapat perhatian!

Dua alasan utama untuk ini: alat yang mudah digunakan, dan audiens yang sudah ada sebelumnya.

Tentang hal kedua – audiens – apa yang hebat tentang basis pengguna LinkedIn adalah bahwa mereka adalah pengguna, profesional, dan pemilik bisnis yang sangat terfokus. Faktanya, dilaporkan bahwa lebih dari 30 juta bisnis aktif di LinkedIn. Dan mereka tidak hanya ada untuk itu. Data lain menunjukkan bahwa 94% pemasar B2B menggunakan platform sebagai salah satu sumber utama mereka.

Singkatnya, LinkedIn hanya berfungsi sebagai platform di mana Anda bisa mendapatkan eksposur, dan ini menjadikannya salah satu situs blogging gratis terbaik dari semuanya.

Dari sudut pandang teknis, mempublikasikan di LinkedIn itu mudah. Cukup buka umpan LinkedIn Anda dan gunakan widget “Mulai posting” di bagian atas halaman. Untuk mengubah status Anda menjadi posting lengkap, klik “Tulis artikel di LinkedIn” untuk membuka jendela pengeditan layar penuh.

Di sinilah Anda dapat menemukan semua alat pengeditan yang biasa Anda gunakan – untuk pemformatan teks, menambahkan gambar, dan banyak lagi.

4. Weebly (www.weebly.com)

Weebly adalah pembuat situs web lain yang dapat Anda gunakan tidak hanya untuk blog tetapi juga untuk menjual produk atau memamerkan portofolio Anda. Ini agak mirip dengan Wix sejauh ia menyediakan editor WYSIWYG dengan elemen drag-and-drop. Jika Anda ingin menambahkan tombol tertentu, Anda cukup menyeretnya ke halaman dan menyesuaikannya. Hal yang sama terjadi dengan galeri foto, tayangan slide, dan elemen multimedia lainnya.

Weebly menyediakan bilah sisi, kotak media, formulir, ruang iklan, ikon media sosial, langganan buletin, dan banyak lagi. Selain itu, platform ini dilengkapi dengan analitik bawaan dan memungkinkan Anda menggunakan domain khusus Anda sendiri (yang harus Anda bayar).

Pada paket gratis, Anda mendapatkan lima halaman khusus, subdomain Weebly, penyimpanan 500MB, dan ruang iklan.

5. Medium (www.medium.com)

Medium adalah platform multiguna yang menangani beragam topik, di mana siapa saja yang memiliki akun dapat menulis. Tidak seperti kebanyakan situs blog gratis lainnya, keuntungan besar Medium adalah artikel Anda akan diekspos ke khalayak luas karena platform ini dikunjungi oleh 60 juta pembaca (*) per bulan (dan jumlahnya meningkat setiap tahun).

Ini sangat mudah digunakan – Anda cukup mendaftar dan mulai menulis. Tetapi kelemahannya adalah semua konten Anda ada di Medium. Artinya, Anda tidak benar-benar membangun “ruang” Anda sendiri seperti yang Anda lakukan dengan WordPress. Baca posting ini untuk mengetahui lebih lanjut tentang perbedaan antara WordPress dan Medium.

6. Ghost (www.ghost.org)

Ini adalah platform blogging lain yang mirip WordPress. Meskipun perangkat lunak Ghost dapat diunduh secara gratis, Anda memerlukan hosting berbayar untuk bahan bakar. DigitalOcean adalah layanan hebat yang mendukung Ghost: murah dan dilengkapi dengan banyak fitur bagus untuk membantu Anda memulai.

Kelemahannya adalah menginstal Ghost tidak semudah WordPress, dan Anda mungkin harus mengotori tangan Anda dengan beberapa pekerjaan server – tergantung pada host yang Anda pilih untuk blog Anda.

Untuk membuat postingan di Ghost sangatlah mudah setelah Anda mengatur situs web Anda. Editornya sederhana dan minimalis, dan menawarkan pratinjau langsung teks Anda di sisi kanan layar. Di bagian depan, Anda mendapatkan getaran Medium, jadi itu bagus. Di dekat layar editor, ada bilah sisi dengan pengaturan, di mana Anda dapat memilih preferensi Anda.

7. Blogger (www.blogger.com)

Blogger adalah salah satu situs blog gratis tertua, meskipun popularitasnya telah menurun dalam beberapa tahun terakhir.

Ini adalah solusi yang solid untuk blog pribadi, tetapi ini bukan sumber daya terbaik untuk penggunaan profesional. Ini berfungsi seperti platform yang dihosting lainnya: Anda harus membuat akun terlebih dahulu untuk menggunakannya. Setelah Anda membuatnya (yang sederhana), Anda harus memilih salah satu tema default dan Anda dapat mulai menuliskan pemikiran Anda. Platform ini memiliki antarmuka yang mirip dengan profil Google+ dan editornya terlihat seperti halaman Word.

Blogger memberikan banyak tema untuk dipilih, masing-masing menyediakan skin yang berbeda, pemfilteran warna tingkat lanjut, dan berbagai gadget minimalis (alias widget). Tapi tidak ada yang terlalu mewah atau kustomisasi desain tingkat lanjut. Secara umum, Blogger memiliki opsi tampilan yang sederhana, sehingga fokusnya lebih pada bagian penulisan. Bagian yang bagus tentang situs ini adalah ia hadir dengan ruang iklan yang dapat Anda tempatkan di dalam konten Anda.

8. Tumblr (www.tumblr.com)

Tumblr adalah salah satu situs blog gratis asli di web. Ini hanya sedikit ‘lebih ringan’ daripada yang lain dalam daftar. Berbeda dengan platform lain yang sebagian besar dibuat untuk tujuan penerbitan, yang satu ini lebih berorientasi pada konten multimedia atau media sosial. Antarmuka Tumblr lebih menyenangkan dan mudah untuk memulai – Anda cukup mendaftar dan kemudian Anda diizinkan untuk mulai memposting.

Sama seperti platform blogging biasa, ia menyediakan beberapa format posting untuk berbagai jenis konten. Masalahnya dengan Tumblr adalah bahwa itu murni untuk penggunaan pribadi dan tidak akan memberikan solusi yang bagus jika Anda memiliki rencana yang berorientasi bisnis. Ini sederhana, menawarkan opsi penyesuaian dasar dan, seperti yang saya katakan sebelumnya, memiliki lebih banyak getaran media sosial.

Meskipun tidak dibuat untuk bisnis, ini memungkinkan Anda menampilkan iklan di halaman Anda, menggunakan tautan afiliasi, dan mengintegrasikan blog Anda dengan Google Analytics.

9. Joomla (www.joomla.org)

Joomla mirip dengan WordPress.org tetapi tidak begitu jelas ketika mempertimbangkan situs blog gratis yang tersedia di luar sana. Sama seperti WordPress, perangkat lunak ini gratis tetapi membutuhkan hosting dan domain. Seperti dalam kasus WordPress, kami merekomendasikan Bluehost karena sangat murah dan dapat diandalkan (dan termasuk domain gratis).

Secara umum, Joomla memiliki antarmuka yang fleksibel yang dapat digunakan tidak hanya untuk blog tetapi juga untuk situs web yang lebih kompleks (Anda dapat memilih dari berbagai template dan ekstensi untuk menambahkan fungsionalitas khusus).

Dalam hal kemudahan penggunaan, platform ini menyediakan editor jadul, yang entah bagaimana terlihat seperti Microsoft Word. Ini memungkinkan Anda untuk memilih font, warna, ukuran, emotikon, tabel, atau latar belakang. Maksud saya, alat di menu membuat Anda merasa seperti berada di jendela Word.

Editor Joomla memiliki tab. Tab pertama adalah jendela SMS klasik, maka Anda perlu beralih tab untuk memilih kategori posting, tag, tanggal, deskripsi meta, kata kunci, dll.

10. Jimdo (www.jimdo.com)

Jimdo lebih dari sekadar contoh situs blog gratis. Namun, dalam versi gratisnya, blog adalah yang paling direkomendasikan, mengingat fitur dasar Jimdo. Jadi Anda dapat dengan cepat membuat situs web dengan Jimdo melalui beberapa item (Anda mengambil kuesioner dasar tentang tujuan situs Anda). Setelah Anda memeriksa opsi ini, situs Anda secara otomatis dibuat berdasarkan pilihan Anda. Kelemahan Jimdo adalah Anda tidak dapat memiliki domain khusus (setidaknya tidak gratis) dan Anda tidak dapat menghapus iklan kecuali Anda meningkatkan.

Namun, aspek penting Jimdo adalah ia adalah pembuat halaman: Anda membuat posting blog langsung melalui front-end dan bukan melalui editor (seperti yang dilakukan blog lain). Ini berarti Anda harus membuka setiap kotak konten di halaman langsung dan mengeditnya di tempat, tanpa dialihkan ke halaman lain. Footer dan logo dapat diedit dengan cara yang sama. Ketika datang ke elemen konten, Anda memiliki beberapa opsi: teks sederhana, teks dengan gambar, galeri foto, kolom, tombol, dll.

Melalui bilah sisi kiri, Anda dapat membuat lebih banyak penyesuaian, seperti menambahkan tanggal posting, judul, kategori, status (diterbitkan atau draf), ringkasan, dan pratinjau gambar. Singkatnya, artikel Anda akan sepenuhnya dibangun dari banyak elemen individual yang akan Anda edit secara terpisah. Teks, gambar, tombol… urutannya terserah Anda.