Mengenal Asuransi Mobil dan Jenisnya

Kata asuransi tentunya sudah sangat dikenal dan diketahui oleh seluruh lapisan masyarakat terlebih yang memiliki kendaraan berjenis mobil. Asuransi ini sendiri biasanya diberikan ketika kita membeli sebuah mobil baru ataupun kita dapat melakukan pembelian asuransi secara terpisah.

Dalam menentukan pilihan asuransi itu sendiri harus dipikirkan secara matang karena asuransi mobil memiliki dua jenis yaitu Total Loss atau yang biasa dikenal dengan sebutan TLO dan All Risk. Kedua pilihan tersebut memiliki kelebihan dan pertanggungan masing-masing. Bagi kalian yang ingin membeli asuransi mobil namun masih bingung dengan pilihannya, pada artikel ini kami akan sedikit membahasnya.

Apa Itu Asuransi Mobil ?

Asuransi mobil atau asuransi kendaraan bermotor adalah jenis asuransi yang memberikan manfaat berupa pemberian ganti rugi atas kerugian dan atau kerusakan pada kendaraan bermotor yang disebabkan, antara lain:

  1. Tabrakan
  2. Terperosok
  3. Perbuatan jahat
  4. Pencurian
  5. Kebakaran

Jenis Asuransi Mobil

Seperti kami jelaskan diawal jika asuransi mobil memiliki dua pilihan jenis yaitu Total Loss Atau TLO dan All Risk, Adapun penjelasan dari keduanya sperti berikut

Total Loss Only (TLO)

Asuransi TLO (Total Loss Only) merupakan asuransi yang memberikan perlindungan pada mobil dari risiko kehilangan.

TLO menjamin risiko akibat pencurian dan kerusakan jika biaya perbaikan diperkirakan sama dengan atau melebihi 75 persen dari harga kendaraan sesaat sebelum kerugian.

Kehilangan mobil akibat pencurian oleh oknum yang tidak bertanggung jawab juga dinilai kerusakan total, sehingga asuransi TLO akan menanggung kerugian atas kehilangan tersebut.

Asuransi Jenis TLO hanya memberikan jaminan penggantian apabila kendaraan Anda mengalami kerusakan yang nilainya mencapai ≥ 75% dari nilai kendaraan dan kerugian akibat kehilangan kendaraan.

Bagi anda yang mencari rekomendasi asuransi tlo mobil bisa menggunakan asuransi Ramayana.

Asuransi Ramayana merupaka perusahaan asuransi umum yang telah terdaftar secara resmi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

PT Asuransi Ramayana TBK juga menanggung biaya kerugian kendaraan bermotor dengan kerusakan seperti berikut :

  • Kerusakan kecil seperti baret dan lecet
  • Kerusakan total seperti tabrakan parah, ataupun hilang akibat pencurian.

Jika kalian masih penasaran tentang asuransi ramayana silahkan kunjungi link berikut kelebihan dan kekurangan asuransi ramayana

All Risk

Pilihan kedua adalah All risk yang sesuai dengan namanya Asuransi jenis ini melindungi mobil lebih menyeluruh dari beragam kerusakan. Mulai kerusakan minor, seperti baret halus, penyok, atau kerusakan kecil lain, hingga kerusakan besar, seperti tabrakan yang mengakibatkan bodi mobil berubah bentuk atau pencurian mobil, semuanya itu dapat ditanggung asalkan sesuai dengan yang tertulis di dalam polis.

Tak sekadar perlindungan bagi diri sendiri dari objek bergerak di sekitar, asuransi jenis comprenhensive dapat melakukan perluasan perlindungan yang lebih menyeluruh.

Manfaat Menggunakan Asuransi Kendaraan Bermotor

  • Rasa tenang karena kendaraan bermotor Anda terlindungi.
  • Memiliki dana untuk melakukan perbaikan/ penggantian saat terjadi peristiwa kerugian.

Beberapa Hal Yang Wajib Diperhatikan Ketika Menggunakan Asuransi

1. Tindakan sengaja dari tertanggung.

2. Melanggar rambu-rambu lalu-lintas.

3. Melakukan balapan, karnaval, kampanye dan tindakan kejahatan.

4. Menarik kendaraan lain.

5. Dikemudikan oleh seseorang yang tidak memiliki Surat Izin Mengemudi (SIM).

6. Dikemudikan oleh seorang yang berada di bawah pengaruh minuman keras atau obat terlarang. 7. Dikemudikan secara paksa walaupun kendaraan dalam keadaan rusak atau tidak layak jalan.

8. Asuransi ini juga tidak menjamin kerugian dan kerusakan atas perlengkapan tambahan yang tidak disebutkan dalam polis seperti kunci, Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK), dan Buku Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB).

Itulah tadi beberapa Informasi Terkait asuransi Kendaraan bermotor (Mobil) yang dapat kami berikan. Dalam menentukan pilihan tentunya jatuh kepada kalian yang menentukan apakah memilih jenis asuransi TLO atau Allrisk.