Pada Senin, 23 Desember 2024 pukul 18:31 WIB, PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI bersama PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI dan PT Reska Multi Usaha atau RMU, anak usaha KAI, mengumumkan kolaborasi strategis mereka. Kolaborasi ini bertujuan untuk mengimplementasikan sistem pembayaran berbasis QRIS (Quick Response Code Indonesian Standard) di Resto on Train dan Loko Café. Inisiatif ini memberikan pengalaman transaksi digital yang praktis dan aman bagi pelanggan selama perjalanan kereta api maupun di area stasiun, sekaligus mendukung transformasi layanan berbasis digital.
Implementasi QRIS di Resto on Train dan Loko Café
Direktur Wholesale & Institution Business BRI, Agus Noorsanto, menyampaikan bahwa kerja sama ini sejalan dengan visi strategis BRI dalam mendorong akselerasi digitalisasi keuangan di berbagai sektor. Implementasi QRIS di resto on train dan Loko Café merupakan wujud nyata kolaborasi antar BUMN dalam memberikan solusi inovatif yang relevan dengan kebutuhan masyarakat. Dengan dukungan teknologi dan jaringan BRI, sistem pembayaran yang lebih efisien, nyaman, dan aman bagi pelanggan KAI dapat dihadirkan.
Peluncuran Loko Café di Berbagai Stasiun
Seremoni kerja sama ini digelar pada 23 Desember 2024 di Loko Café Stasiun Gambir bersamaan dengan peluncuran resmi Loko Café di berbagai stasiun strategis, yaitu Stasiun KCIC Halim, Stasiun Gambir, Stasiun Senen, dan Stasiun Purwokerto. BRI memberikan promo cashback sebesar Rp29 ribu untuk setiap minimal transaksi Rp100 ribu di outlet baru tersebut.
Manfaat bagi Nasabah
Nasabah dapat melakukan pembayaran makanan dan minuman menggunakan super apps BRImo untuk memberikan pengalaman transaksi digital yang mudah, cepat, dan aman. Implementasi QRIS BRI berlaku di lebih dari 200 kereta yang melayani berbagai rute KAI dan 20 outlet Loko Café yang tersebar di berbagai stasiun, memungkinkan nasabah menikmati transaksi yang lebih praktis dan efisien. Dalam seremoni tersebut, BRI memberikan program promo spesial berupa cashback hingga 50% untuk pembelian makanan dan minuman di resto on train menggunakan BRImo dengan minimal transaksi 100 ribu rupiah.
Komitmen KAI Services
Plt Direktur Utama KAI Services, Ririn Widi Astutik, menegaskan komitmen KAI Services untuk memberikan pelayanan yang inovatif dan unggul. Dirinya berharap kehadiran fasilitas baru ini menjadi langkah strategis untuk meningkatkan kualitas layanan pelanggan secara keseluruhan.