Mode Lokal dan Batik Mendominasi Tren Belanja Online Kuartal IV 2024

Mode Lokal dan Batik Mendominasi Tren Belanja Online Kuartal IV 2024

Jumat, 6 Desember 2024 – 01:46 WIB

Solo, VIVA – Platform e-commerce Tokopedia dan ShopTokopedia terus mendukung pertumbuhan pelaku usaha di Indonesia, salah satunya termasuk brand lokal seperti Batik Arkanza dari Jawa Tengah. Upaya ini menunjukkan bahwa industri fesyen dalam negeri memiliki potensi besar untuk berkembang lebih jauh.

Berkembangnya Industri Fashion Lokal di Indonesia

Baca Juga :


Keren! Perjalanan Hidup dan Karier Enzy Storia, Jadi Inspirasi Koleksi Fashion

Secara nasional, Tokopedia dan ShopTokopedia mencatat peningkatan signifikan pada produk fashion seperti kaos, blouse, outerwear, hijab, baju tidur, serta sandal dan sepatu. Transaksi untuk kategori ini meningkat hampir tujuh kali lipat dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu. Di Jawa Tengah, peningkatan lebih tinggi terjadi pada jeans, blouse, outerwear, hijab, baju tidur, serta sandal dan sepatu dengan rata-rata kenaikan lebih dari 8,5 kali lipat.

Baca Juga :


Inspirasi Fashion dari Layar ke Lemari, Koleksi Terbaru dari Callista Arum

Antonia Adega, Communications Senior Lead Tokopedia dan TikTok E-commerce, menjelaskan bahwa berbagai inisiatif telah diluncurkan untuk mendukung industri fashion lokal, termasuk program beberapa program yang memang ditawarkan.

“Untuk makin mendorong geliat industri fashion termasuk batik dalam negeri, Tokopedia dan ShopTokopedia melakukan beragam inisiatif, seperti Promo Guncang, Beli Lokal, dan Melokal Dengan Batik,” ujar Adega di Solo pada Kamis, 5 Desember 2024.

Baca Juga :


Mengulik Pesona JKFF 2024, Dari Fashion Anak hingga Pertunjukan Musik Spektakuler

Kampanye Promo Guncang yang digelar setiap tanggal kembar menawarkan berbagai keuntungan seperti bebas ongkir, cashback, dan diskon. Pada puncak Promo Guncang 11.11 tahun ini, transaksi di ShopTokopedia melalui fitur LIVE di TikTok meningkat hingga 26 kali lipat. Selain itu, program “Beli Lokal” menyediakan etalase khusus bagi brand lokal untuk memudahkan akses masyarakat terhadap produk lokal berkualitas.

Selama promo, kategori fashion menjadi salah satu yang paling diminati, dengan beberapa brand lokal mencatat kenaikan penjualan hingga 21 kali lipat. Tidak hanya fashion, produk dari kategori groceries, elektronik, dan rumah tangga juga menunjukkan lonjakan transaksi hingga 24 kali lipat.

Tren Belanja Online Kuartal IV 2024 di Tokopedia dan ShopTokopedia

Melalui program tersebut, Tokopedia dan ShopTokopedia berfokus pada peningkatan kemampuan pelaku usaha batik dengan langkah-langkah seperti digitalisasi, pelatihan, dan peningkatan kapasitas produksi. Program ini juga bertujuan mendorong minat masyarakat terhadap batik lokal.

Hasilnya, di tingkat nasional, produk batik seperti jaket, blouse, kain, dan rok batik mengalami peningkatan transaksi hingga enam kali lipat. Di Jawa Tengah, aksesoris batik seperti blangkon dan syal juga mencatat kenaikan hampir empat kali lipat.

Halaman Selanjutnya

Source : Istimewa

Halaman Selanjutnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *